Halaman

Selasa, 13 Desember 2011

Waruga , Sebuah Situs Kuburan Zaman Megalitikum

Kuburan ? Ya...di Sulut ada beberapa kuburan yang menjadi obyek wisata. Tempat -tempat tersebut adalah tempat peristirahatan terakhir pahlawan baik pahlawan sebelum kemerdekaan maupun pahlawan setelah kemerdekaan. Namun ada beberapa komplek kuburan yang berbeda dengan kuburan-kuburan pahlawan yang tersebut di atas.
 



Waruga adalah kuburan orang Minahasa zaman dulu, terbuat dari batu berbentuk kotak atau kubus , seperti pada gambar disamping. Mayat diletakkan didalam waruga dalam posisi duduk. Lokasi situs tersebut ada dibeberapa tempat. Yang sempat saya kunjungi ada di tiga tempat , semuanya di Kabupaten Minahasa Utara - Sulawesi Utara. Kabupaten ini berbatasan dengan Manado , jaraknya +- 20 menit. Yang saya ingat nama tempatnya Desa Sawangan dan yang dua saya lupa namanya, tapi masih ingat lokasinya. Yang di Sawangan kompleks nya lebih terawat dan ada musem kecilnya yang berisi  barang-barang perabot dan assesoris peninggalan masyarakat zaman megalitikum dan juga foto-foto pejabat dan tamu dari kerajaan Belanda. Mengunjungi komplek waruga serasa memasuki negeri antah berantah yang jauh dari hiruk pikuknya  kehidupan modernitas , suasananya yang sepi dan masih alami /  disekitar pedesaan membuat semakin mengokohkan kita sedang berada di zaman kuno nan asing.

Bagi pembaca budiman pecinta travelling, jangan Anda lewatkan lokasi ini untuk dikunjungi untuk melengkapi perjalanan Anda menikmati Manado. Selamat penasaran !! 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar